Rabu, 26 September 2012

Asal Mula Terjadinya Perang Dunia II Di Eropa


Perang Dunia II yang merupakan perang terbesar sepanjang sejarah berawal ketika Adolf Hitler menuntut Polandia untuk menyerahkan kembali kota Danzig dengan alasan bahwa warga kota Danzig adalah bangsa Jerman. Namun, tuntutan itu ditolak mentah-mentah oleh Polandia. Oleh karena itu, pada tanggal 1 September 1939, Jerman melakukan serangan kilat (blitzkrieg) ke Polandia dengan tujuan untuk menguasai Danzig. Pada tanggal 3 September 1939, Inggris dan Prancis yang merasa turut bertanggung jawab atas Danzig mengumumkan Perang terhadap Jerman. Akan tetapi, kedua negara itu tidak dapat mencegah pendudukan Jerman atas Polandia. Pada tanggal 10 Mei 1940, tanpa adanya pernyataan perang, Jerman menyerang Belanda, Belgia dan Luksemburg.

Pada awal bulan Juni 1940, Jerman bersiap-siap untuk menyerbu Prancis. Dan disaat yang sama pula, Italia menyatakan perang terhadap Inggris dan Prancis. Akhirnya, Prancis pun harus jatuh ke tangan Jerman dan Italia. Jenderal de Gaulle kemudian membentuk sebuah pengasingan di London. Gelombang serbuan Jerman kemudian dilanjutkan ke Inggris. Tapi, Inggris telah mendapatkan bantuan berupa peralatan perang dari Amerika Serikat. Hal itulah yang membuat Jerman mengalami kekalahan. Peperangan di Front Timur dibuka oleh serangan Jerman atas Uni Soviet pada tanggal 22 Juni 1941. Pada serangan ini, Jerman telah melakukan pelanggaran perjanjian yang menyatakan bahwa kedua negara ini tidak akan saling menyerang. Selain Front Barat dan Front Timur, peperangan ini juga meluas sampai ke Afrika dan Italia.

1 komentar:

  1. memang manusia yang tidak mengenal Tuhannya selalu hidup dalam permusuhan, benarlah orang-orang seperti itu tak perlu lama-lama hidup sudah pada saling bunuh aja nggak ada gunanya la gi hidup lama-lama, menyusahkan banyak orang

    BalasHapus


Powered by Blogger.